Sms Ramadhan


Mengirim pesan singkat yang biasa dikirim menggunakan HP/ponsel yang disebut sms, sepertinya bagi muslim di Indonesia dijadikan sebagai media dakwah dan silaturahmi. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri mengirim ucapan selamat sepertinya sudah menjadi budaya dan kebutuhan. Dahulu kala sebelum ada yang namanya HP dan telephone rumahpun tak semua orang memiliki, orang biasa mengirim kartu ucapan atau surat jauh-jauh hari sebelum hari H. Tapi dengan hadirnya HP yang sepertinya sudah mencapai semua kalangan (baik kalangan atas, menengah maupun kalangan biasa) membuat komunikasi untuk orang-orang terdekat namun terhalang jarak menjadi lebih mudah dan cepat.

Memang banyak orang yang bilang kepada saya kalau menerima surat itu lebih terasa mengharukan, namun mengirim surat tidak bisa cepat sampai. Yang paling cepet sampai,dahulu kala sebelum ada telepon yaitu telegraf, tapi telegraf tidak cocok untuk mengirim ucapan seperti selamat Idul Fitri karena telegraf digunakan untuk mengirim berita yang bersifat penting dan mendadak selain itu telegraf juga lebih mahal daripada mengirim surat. Dan telegraf sepertinya berkembang menjadi FAX yang lebih praktis karena tiap rumah yang memiliki telepone rumah bisa memasang mesin FAX dan mesin FAX sampai sekarang masih digunakan.

Kembali lagi kepada sms Ramadhan. Sms Ramadhan memang sudah menjadi budaya bagi muslim di Indonesia(aku tidak tahu di negara lain, soalnya aku belum pernah keluar negeri T~T) . Dengan adanya sms membuat komunikasi lebih cepat, mudah dan murah. Jadi dahulu kala mengirim surat bisa sampai Rp 5000/@ bila aku ingin mengirim surat untuk keluarga yang jauh misal di Aceh(jaman saya) dan nggak langsung sampai, sekarang dengan sms cukup Rp100, Rp150, Rp99(tergantung operatornya tentunya) tinggal tunggu beberapa menit sudah ada laporan "sms to... delivered" (asal nomor yang dikirimi sms msh tersedia dan nomor ponsel). Jadi dengan uang Rp 5000 kita bisa mengirim sms Ramadhan ke 50 orang bila seharga Rp100/sms. Jadi nggak ada alasan untuk minta maaf sebelum menjalankan ibadah puasa sehingga puasa kita lebih baik dan enteng karena tidak menanggung dosa.

Selamat menjalankan ibadah puasa 1429H taqoballahu minna wa minkum.


0 comments:

Post a Comment