Monalisa

Ada yang jelous sama Monalisa



Masterpiece karangan Leonardo da Vinci's yaitu "Monalisa" yang bertengger di Museum Louvre di Paris itu yang katanya sudah berumur 500 tahun mendapat sebuah serangan yang berupa dilempar sebuah mug oleh seorang wanita Rusia. Berita ini saya ambil dari BBC London yang berjudul "Woman throws mug at the Mona Lisa" terus aku baca artikelnya.
Sebenarnya kejadian ini sudah bukan headline news karena kejadian ini terjadi pada tanggal 2 Agustus lalu.
Kata juru bicara museum Lauvre, wanita itu sudah ditangkap.Polisi Paris mengatakan wanita itu juga dibawa ke psikiatris.
Lukisan monalisa yang konon katanya memiliki senyum yang misterius itu ternyata memiliki kisah hidup yang cukup rumit layaknya barang-barng mahal dan berharga lainnya. Lukisan Monalisa ini juga pernah dicuri oleh seorang Italia dari Louvre pada tahun 1991 namun dikembalikan lagi ke Louvre setelah orang Italia telah ditangkap dengan alasan pencurian 2 tahun kemudian.

Lukisan Monalisa juga pernah dianiaya dengan asam (acid) oleh seorang perusak pada tahun 1956 dan pada tahun yang sama seorang dari Bolivia merusaknya lagi dengan melempar batu kearahnya.

Dan sungguh mengenaskan, ditahun ini Monalisa juga mendapat serangan dilempar mug oleh seorang wanita yang mungkin cemburu dengan senyumnya yang misterius itu. Jadi lukisan Monalisa yang katanya telah diteliti oleh University of Amsterdam dan University of Illinois dengan sebuah software yang mampu mendeteksi senyum pada sebuh gambar itu (kok bisa ya?), hasil tes seyum Monalisa adalah mengandung 83% rasa bahagia, 9% jijik, 6% takut, 2% marah, dan kurang dari 1% netral, dengan demikian seyum Monalisa berarti senyum bahagia. namun senyum bahagia Monalisa tidak menyatakan bahwa Monalisa memiliki perjalan hidup yang mulus, buktinya Monalisa pernah dicuri, dirusak dan dilempar mug. Hahaha..ternyata banyak yang jelous pada senyum Monalisa yang misterius itu yah... :)

0 comments:

Post a Comment