Copy-paste menurunkan kualitas diri

Hahaha... judulnya "copy-paste menurunkan kualitas diri" kayak pamflet seminar nasional tentang narkoba. Yah... apa boleh buat ketika kita capek-capek bikin artikel terus ketemu artikel yang persis 100% sama ma artikel yang kita tulis, padahal tulisan sendiri asli pikiran sendiri. Curhat deh... kalau ada yang nggak suka silahkan pergi. hehehe

Kenapa dalam judul saya pilih diri? Karena "diri" lebih bersifat universal, co-pas tidak hanya milik blogger tapi juga milik orang yang lagi bikin PR, bikin TA, bikin skripsi, pengisi seminar dan lain-lain. 

Cerita dulu ya? Suatu ketika saya ditawarin teman cara untuk copy-paste seluruh konten blog, saya langsung tolak. Ya... kalau saya mau download seluruh website pun sudah ada toolsnya tapi saya tolak karena saya menghargai ide setiap pribadi, ok saya bukan blogger yang 100% menggunakan hasil cipta sendiri terutama gambar tapi saya sering mencantumkan credit dari tempat saya mengambil nggak usah link/url cukup nama pembuatnya. Untuk konten lebih baik rewrite daripada co-pas. Ada kesenangan sendiri dibalik mencurahkan pikiran dan ide kedalam sebuah tulisan seperti ada kesenangan sendiri mengedit sebuah photo, gambar ataupun membuat sendiri design. Dan ok... saya juga bukan orang yang menjunjung hak cipta karena saya juga pakai beberapa product yang berlable genuine tapi aspal. haha... Maaf alasan kantong, kalau kantong  meluber tentu beli yang ori. Tapi kalau masalah ngeblog, apasih alasan anda menyukai dunia blogger?
1. Demi recehan?
2. Tempat menuangkan ide?
3. Tambah exist
4. Ini loh blog gua!
5. Tambah creative?
6. Punya wadah untuk curhat
7. dll
Alasan menjadi blogger terserah masing-masing pribadi. Tapi setelah saya mengenal dunia blogger dengan pendapat yang berupa recehan tapi saya menikmatinya. Memang seneng banget kalau ada sekian jumlah di saldo tapi ada hal yang lebih menyenangkan dari itu yaitu saya merasa menjadi lebih kreatif, nggak cuma kreatif dalam menulis tapi juga kreatif dalam kehidupan sehari-hari. Seperti membuat lampu ornamen sendiri (DIY), bookcase, membuat aksesoris dll. Selain menjadi lebih kreatif aku juga merasa semakin banyak wawasan karena aku nggak cuma copy-paste so aku juga membaca artikel-artikel blogger yang lainnya, kalau suka sama artikelnya rewrite deh... Untuk rewrite biasanya cuma ngambil hal-hal penting setelah itu kembangkan dengan daya pikir sendiri. 
Lihat banyak hal positif yang aku peroleh dari ngeblog jadi kalau sekedar copas pasti nggak kayak gitu deh. Pede copas milik orang lain itu berarti nggak punya malu dan nggak punya harga diri. Bagiku blogger yang berqualitas lebih baik dari pada blogger yang nggak punya harga diri yang punya pendapatan gede. Yah... semua itu akan ada hikmah dan karmanya.
Ok... let's say stop to copy-paste (copas)!

0 comments:

Post a Comment