Sukseskan Sail Banda 2010

Wow ... acara menarik dan besar akan diselenggarakan di Maluku, Indonesia. Nama event besar itu adalah "Sail Banda", yang dijadwalkan antara 27 Juli sampai 8 Agustus 2010. Sail Banda 2010 akan mengambil tema utama "Small Island, For Our Future". Tema ini diambil karena lokasi provinsi Maluku sebagai tempat untuk acara ini, didominasi oleh srtuktur geografis dengan pulau-pulau kecil. Selain wilayah paling terancam oleh isu perubahan iklim sangat relevan ketika diskusi difokuskan pada dampak perubahan iklim terhadap pulau-pulau kecil. Agenda menarik untuk dipahami oleh Forum Provinsi Kepulauan.

Dari informasi yang saya dapatkan, agenda utama yaitu yacht rally Sail Banda dan ras, kerjurnas olahraga air dan memancing permainan, turnamen internasional menyelam, Arafura Games, sebuah konferensi internasional di pulau kecil, konferensi kerja sama Indonesia-Australia, sebuah internasional Seminar tentang "sagu dan rempah-rempah untuk keamanan pangan, makanan laut dan produk ikan pameran", lalu lintas maritim remaja dalam negeri, peringatan Kemerdekaan Southwest Di Maluku, operasi "Surya Baskara Jaya" dan Angkatan Laut untuk mengunjungi pelabuhan Angkatan Laut dan berbicara. Agenda ini masih berkembang, jika ada ide-ide besar dikembangkan dari daerah.

Selain agenda di atas, akan ada event nasional dan internasional lain yang akan digabungkan, yaitu seperti Sail Bunaken yang dapat dikombinasikan untuk meramaikan kota Ambon, antara lain: 1) Konferensi Nasional pesisir dan pulau-pulau kecil yang melibatkan 500 peserta sampai dengan 1000 orang, 2) Senior Official Meeting (pertemuan eselon pertama) dan Rapat Menteri (Rapat tingkat menteri) dari enam negara kawasan segitiga terumbu karang (Coral Triangle), yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua New Guinea dan Kepulauan Salamon.

Rute dari "Sail Banda" dari Banda ke Ambon adalah ibu kota provinsi Maluku, puncak acara ini adalah puncak dari perencanaan Maluku sebagai lumbung ikan nasional yang akan meresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang dijadwalkan pada 3 Agustus 2010. Meskipun acara Sail Banda masih cukup panjang, tetapi menurut informasi yang saya dapatkan, jumlah peserta yang telah mendaftar acara ini tercatat beberapa 220 peserta dari 22 negara pada bulan Februari, 2010, sedangkan target 200 peserta dijadwalkan. Wow ... meskipun acara masih lama, tapi sudah tertarik oleh banyak peserta. Semoga acara ini akan sukses. Aku hanya bisa berpartisipasi menyebarkan informasi ini, tapi saya juga ingin berpartisipasi untuk pesta ini. Ah .. mungkin suatu hari nanti aku juga meramaikan acara tersebut, selama mimpi dan semangat saya untuk "Let's go around the world" masih ada dalam hidup ini

1 comments:

sail banda 2010 said...

Yah..ayo sukseskan sail banda 2010. Wlo cuma bisa bikin postingan tentang Sail Banda. hihihi

Post a Comment