Ballet Ramayana (Sendratari Ramayana)

English version here!
Ballet Ramayana adalah sebuah cerita klasik yang menceritakan tentang kisah romantis percintaan Dewi Shinta dan Rama yang disuguhkan dalam bentuk tarian. Pertunjukkan Ballet Ramayana Indonesia dapat disaksikan di Candi Prambanan-Yogyakarta. Panggungnya tidak benar-benar berada di kompleks candi melainkan di sebelah barat candi dengan background latar belakangnya adalah candi Prambanan (open air theatre/out door disaat musim kemarau) atau di Trimukti theatre (in door/ closed) .

Pertunjukan Ballet Ramayana diselenggarakan pada malam hari, dengan durasi 2 jam dimulai pukul 19.30-21.30 WIB. Untuk harga tiketnya :
CLASS OUTDOOR
THEATRE
CLOSED
THEATRE
VIP IDR 200.000
Preferred Seat IDR 125.000 IDR 125.000
Premium Seat IDR 100.000 IDR 100.000
Standard Seat
IDR 50.000 IDR 50.000
Student
IDR 20.000 IDR 20.000
Aku sudah mencoba nonton dikedua panggung tersebut. Tapi dengan harga segitu aku cuma berani beli yang standar Rp 50.000, kalau di internet di websitenya (tempat aku download gambar dan harganya) di www.borobudurpark.co.id memang ada fasilitas harga setudent tapi setelah ditanyakan ke tempat penjualan tiket adanya cuma tiket standar yang paling murah ya Rp. 50.000 (kacau yah tombok deh...). Jangan tanya fasilitasnya, fasilitas harga paling murah tuh dapet kursi batu, trus pemandanganya miring + terhalang penyangga lampu panggung. Bayangin 2 jam kita nonton miring sambil geleng sana-sini dan bokongnya tambah keras. Pokoknya nggak enak banget deh....:sigh: Sebenernya aku suka banget pertunjukannya menurutku Ballet Ramayana tu great performence, tapi kursi batu out door dingin...nyamuk....
Tapi yang bernasip kursi batu nggak cuma seat standar lho, premium juga ko... tapi kalau dilihat dari segi viewnya tentu premium lebih enak nontonnya. Trus tiket khusus atau Preferred Seat tuh fasilitasnya kursi juga batu tapi masih ada ganjel bokongnya walau tipis, view juga bagus + dapat soft drink (nggak tahu apa?) dan yang paling mahal tentu yang paling nyaman yaitu vip seat, vasilitasnya banyak. Fasilitas VIP seat itu kursinya empuk (bukan kursi batu), trus viewnya paling depan, dapat soft drink, snack, souvenir dan gratis tiket kamera/video. Ya iyalah harganya mahal tentu yang paling enaklah..

Kalau di Trimukti Theatre yah didalam ruangan masih mendinglah kursinya, bukan kursi batu tapi empuk nggaknya aku lupa soalnya dah 2.5 tahun yang lalu aku nonton di Trimukti Theatre. Trus tiket termahal hanya kelas khusus dengan fasilitas tempat duduk paling tengah dan dapet soft drink. Bedanya In door sama Out door, itu kalau out door pasti lebih bagus viewnya soalnya back groundnya langsung candi Prambanan sedang di Trimukti backgroundnya cuma dibuat seperti Prambanan. Trus bedanya yang lain, cerita Ramayana kan ada cerita Hanoman obong, nah kalau di out door tuh bener-bener ada obong-obongan pake api tapi kalau di indoor tuh versi obong-obongnya pake kaya wayang jadi cuma bentuk api gitu... Selain itu jelas sekali jumlah kursi outdoor jelas lebih banyak.
Dengan tiket yang menurutku mahal itu (soalnya kalau nonton di 21 cuma Rp 20.000) nggak heran kalau yang nonton pertunjukan Ballet Ramayana ini kebanyakan orang luar, bagi mereka harga segitu pasti standar saja, tapi bagi aku kemahalan.... Kenapa tiket pertunjukkan Ballet Ramayana mahal?
Karena pertunjukkan ini ditarikan oleh 250 orang, jadi wajar lah kalau mahal soalnya pertunjukkannya untuk menggaji orang sebanyak itu. Itu baru penarinya belum lagi, satpam, petugas loker tiket, petugas kebersihan, dekorasi, beli/sewa costum, biaya perawatan dll. Maklum aja kalau mahal yah. duit

Kalau aku kaya aku akan mencoba nonton outdoor dan beli tiket VIP terus aku rekam pake video came, terus aku pamerin ke orang-orang yang di luar negeri sana, biar mereka pada nonton, pada datang ke Indonesia.
Because Indonesia is so beautiful.....

Lihat juga full story tentang Ballet Ramayana di sini

1 comments:

eksi said...

In english here http://xctravel.blogspot.com/2009/11/ballet-ramayana.html

Post a Comment